Cara Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog di blogger. Tulisan saya kali akan membahas tentang panduan lengkap cara membuat blog di blogger. Mungkin bagi sebagian orang belum tau istilah blog. Oleh karena itu, saya akan coba jelaskan sedikit tentang blog

Apa itu Blog

Blog merupakan sebuah media online atau biasa juga disebut sebagai diary online tempat menulis artikel (Postingan) di internet. Blog sama seperti website, namun blog lebih bersifat pribadi dan memberikan informasi secara dua arah. Maksudnya, di blog para pengunjung bisa memberikan komentar terhadap tulisan si pemilik blog atau biasa di kenal dengan istilah Blogger. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai blog, silahkan baca apa itu blog.

Cara Membuat Blog

Sekedar info saja, saat ini banyak sekali layanan penyedia blog gratisan yang ada di Internet. Namun khusus kali ini, saya hanya akan menjelaskan tentang cara membuat blog di blogger. Berikut panduannya :

Sebelum mulai mempraktekan cara membuat blog, terlebih dahulu anda harus sudah memiliki akun email. Jika belum punya, silahkan baca cara membuat email. Dan bagi yang sudah memiliki alamat email, silahkan lanjutkan bacanya.

1. Buka www.blogger.com di web browser anda.

2. Akan muncul halaman muka blogger.com, klik pada tulisan “Memulai”

cara-membuat-blog

3. Anda akan di bawa ke halaman pembuatan akun google. Silahkan isi form yang disediakan, sesuai petunjuk yang saya berikan di bawah ini :

cara-membuat-blog

Petunjuk pengisian :

  • Alamat email = isi dengan alamat email anda.
  • Ketik ulang alamat email = isi kembali dengan alamat email anda (sama dengan diatas).
  • Masukan sebuah password = isi dengan password yang anda inginkan.
  • Ketik ulang sandi = masukan kembali password yang anda tulis sebelumnya.
  • Nama Tampilan = isi dengan nama anda (nama yang akan di tampilkan di blog).
  • Ulang tahun = masukan hari ulang tahun anda. Contoh tanggal lahir 21 September 1984 maka diisi dengan 21/09/1984.
  • Verifikasi kata = masukan kata yang ada pada gambar (lihat contoh pada gambar).
  • Penerimaan Persyaratan = Beri tanda checklist pada kotak di samping tulisan “Saya menerima Persyaratan dan Layanan” (Lihat contoh pada gambar).

Nah…jika semua kolom sudah diisi, silahkan klik “Lanjutkan”.

4. Selanjutnya anda akan dihadapkan pada form pengisian nama blog.

cara-membuat-blog

Petunjuk Pengisian :

  • Judul blog = Isi dengan judul blog yang anda inginkan (bebas).
  • Alamat blog (URL) = isi dengan alamat blog yang anda inginkan. Dalam pengisian alamat blog ini, hanya huruf, angka dan tanda (-) yang diperbolehkan. Jika alamat blog anda lebih dari 2 kata, hanya tanda (-) yang bisa digunakan sebagai pemisah. Karena spasi tidak diperbolehkan.

Catatan: Kadangkala, alamat blog yang kita tulis sudah terpakai oleh orang lain. Supaya terhindar dari hal tersebut, klik tulisan “Cek Ketersediaan” terlebih dahulu. Jika memang masih tersedia, maka anda akan melihat tulisan berwarna hijau yang bertulisan “Alamat Blog ini Tersedia”.

cara-membuat-blog gi

Jika semuanya sudah selesai, klik “Lanjutkan”

5. Selanjutnya, anda akan dibawa ke halaman pemilihan template. Silahkan klik pada template yang anda inginkan, kemudian klik “Lanjutkan”

cara-membuat-blog

6. Kemudian akan muncul sebuah halaman pemberitahuan bahwa blog anda sudah jadi. Silahkan klik “Mulai Blogging”.

cara-membuat-blog

Sampai dengan langkah ini, sebenarnya blog anda sudah jadi. Tugas anda selanjutnya yaitu menulis artikel / postingan pertama. Baik, sekarang kita langsung belajar posting di blog aja yaaa.

Setelah anda mengklik tulisan “Mulai Blogging”, anda akan di hadapkan ke sebuah halaman post editor. Halaman ini merupakan tempat bagi kita untuk menulis artikel di blog. Berikut contoh pengisiannya :

cara-membuat-blog

Petunjuk pengisian :

  1. Isi judul artikel
  2. Isi halaman artikel
  3. Isi label (Untuk pengelompokan postingan)
  4. Klik “Terbitkan Entri”

Setelah anda menerbitkan entri, maka akan muncul halaman pemberitahuan bahwa posting anda sudah diterbitkan ke blog.

cara-membuat-blog

OK!. Mungkin panduan tentang cara membuat blog di blogger ini saya cukupkan dulu sampai disini. Mudah – mudahan tulisan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi pembacanya.

Happy blogging…


0 Komentar di Cara Membuat Blog di Blogger:

Posting Komentar

blogger