Dasar CSS (Cascading Style Sheet)

CSS atau Cascading Style Sheet adalah bahasa pemrograman atau scripting untuk mengatur tampilan suatu website atau blog. Mungkin bagi para blogger sudah sering melihat kode CSS ini. Karena blog khususnya yang hosting di blogspot memang menggunakan CSS untuk merubah dan mangatur tampilan blog itu sendiri. Tampilan disini maksudnya untuk mengatur tampilan baik dari segi warna (huruf atau background), image, huruf dan elemen2 lain yang ada kaitannya dengan tampilan suatu blog atau web. Sebelum ada CSS, untuk mengatur tampilan suatu huruf biasanya menggunakan tag <p font="tahoma">bla bla bla</p>. Tapi setelah adanya CSS hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi. CSS bisa diaplikasikan dengan 3 cara :
  1. Langsung dituliskan pada tag <head></head>. Dengan catatan harus diawali dengan tag <style type="text/css"></style>.
  2. Menggunakan file eksternal. Maksudnya, setiap kode css disimpan pada suatu file dengan type .css dan nantinya di deklarasikan didalam tag <head> dengan cara seperti berikut : <head><link rel="stylesheet" href="css/style.css" type="text/css" /></head>
  3. Diaplikasikan langsung pada tag yang bersangkutan
Dalam penulisan kode CSS mempunyai aturan tersendiri. Mungkin bagi anda yang masih sangat awam mengenai CSS, artikel ini bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi anda. Ya walaupun memang sangat dasar sekali, tapi ga ada salahnya kan... Cara pendeklarasian dan penulisan CSS
  1. Menggunakan tanda # sebagai awalan. Contohnya : #my_style { background-color :#000; font-color :#fff; } Untuk pendeklarasiannya, karena memakai tanda # maka atribut yang digunakan adalah id. Sehingga contoh pendeklarasiannya adalah <div id='my_style'>bla bla bla</div> Nah..sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini :

    bla bla bla

    Tapi ingat, sifat dari id adalah unik. Makanya tidak boleh ada elemen lain yang memakai id yang sama pada suatu CSS.
  2. Menggunakan tanda dot atau titik (.). sebagai awalan, contoh : .my_style { background-color :red; font-color :#fff; } Untuk pendeklarasiannya, karena memakai tanda (.) maka atribut yang digunakan adalah class. Sehingga contoh pendeklarasiannya adalah <div class='my_style'>text</div> Nah..sehingga hasilnya akan menjadi seperti ini :

    bla bla bla

    Nah..kalo sifat dari id adalah unik, maka sebaliknya kalo class tidak unik dan bisa diaplikasikan lebih dari 1 class yang sama dalam suatu doc html.
  3. Tanpa memakai tanda # atau (.) tapi langsung diaplikasikan pada suatu kode html, contoh : div { background-color:blue; } Nah jika memakai cara seperti ini, maka semua tag div akan mempunyai style yang sama sesuai kode CSSnya.
Ok....sekian dulu untuk pengenalan kode CSS. Jika masih merasa bingung, saya mohon maaf karena mungkin penjelasannya agak sedikit kacau alias berantakan.

5 komentar:

  1. Artikel anda di

    http://programing.infogue.com/dasar_css_cascading_style_sheet_

    promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!

    BalasHapus
  2. wah top bgt mudah2an bisa jadi jagoan css juga

    BalasHapus
  3. Ok juga tutorialnya




    kunjungi balik yach

    http://vholenxcrome.blobspot.com

    BalasHapus
  4. kang kumaha , cara nyieun daftar menu tab di atas ?
    hampuranya ? di tunggu Postingan na



    Nuhun pisan atuh

    BalasHapus

blogger