Tips Membuat Blog bagi Pemula

Sebenernya tips membuat blog bagi Pemula ini hanya sekedar sharing aja buat temen - temen yang memang baru belajar ngeblog. Yaa walaupun sebenernya saya juga masih pemula tapi ga ada salahnya kan kalo share pengalaman aja.

Tips yang akan saya berikan ini tidak lain hanya sebuah saran bagi temen - temen tentang apa saja yang harus anda lakukan sewaktu pertama kali belajar blog. Sekali lagi ini hanya sebuah saran...mo nurut ya silahkan ga juga gpp kok. Namanya juga saran, boleh di ikutin boleh ngga.

Sebelum berbagi mengenai tips membuat blog bagi pemula, ada satu hal yang harus anda pikirkan kembali tentang apa tujuan anda nge blog. Cerita dikit nih...Dulu pertama kali saya nge blog sekitar akhir mei 2008, jujur aja kalo saya bikin blog itu dengan harapan bisa memonetisasi blog yang saya buat (Bisnis Online). Eh..tau nya sekarang malah ngeblog itu jadi sebuah hobby. Kalo yang saya rasain, ngeblog itu punya keasyikan tersendiri. Selain menambah informasi dan pengetahuan, nilai plus lain yang bisa diperoleh dari ngeblog adalah menambah banyak teman. Ga keitung deh udah berapa orang teman yang saya kenal dari ngeblog ini.

Kok jadi ngelantur ya...kembali ke tips membuat blog bagi pemula. Ok...kita langsung aja. Silahkan simak dan pahami mengenai beberapa tips membuat blog yang akan saya share pada anda:

  1. Fokuskan terhadap apa tujuan anda ngeblog. Kenapa harus fokus..?! saya yakin ketika pertama kali anda membuat blog, pasti ada sesuatu hal yang anda pikirkan dengan tujuan ngeblog anda ini. Apapun itu, saya sarankan fokus. Because... jika anda tidak fokus, apapun tujuan anda ngeblog saya yakin tidak akan bisa tercapai.
  2. Aplikasikan tujuan anda ngeblog. Setelah hal yang pertama mantaps...barulah saat-nya untuk meraih tujuan anda tersebut. Caranya ya..mulai ngeblog dengan rasa yakin dan pantang menyerah sampai tujuan ngeblog anda tercapai
  3. Evaluasi. Evaluasi..?! Yupz...ini adalah tips anda yang terakhir. Setelah melakukan 2 hal diatas, selanjutnya lakukan evaluasi. Evaluasi ini sangat penting untuk memperoleh tujuan anda ngeblog. Dengan adanya evaluasi..kita bisa jadi lebih tau, apakah selama ini kita ngeblog sesuai dengan tujuan kita waktu pertama kali ngeblog...?! Jika sesuai ya syukur...kalo ngga jangan putus asa. Cari dimana letak kesalahannya dan perbaiki.

Ok..itu dia 3 tips membuat blog bagi pemula yang ingin saya sampaikan. Sekali lagi tips ini bukan bermaksud untuk menggurui atau apa, melainkan hanya sekedar share dari pengalaman saya selama ini. Maaf kalo bahasanya ngawur...namanya juga newbie..hehehehehe...........


4 komentar:

  1. Wah... bagus tipsnya Kang...

    Mencapai tujuan itulah yang sedang saya usahakan sebaik-baiknya sekarang...

    BalasHapus
  2. Wuih mantaps tips nya nich,aku jg lg berusaha untuk nyampe kesitu tujuan aku,om atau kang hehe...

    BalasHapus
  3. gimana caranya masukin logo pada judul blog kita

    BalasHapus
  4. yup gue setuju bangettttt
    http://infoduniamayainternet.blogspot.com

    BalasHapus

blogger