Cara Memindahkan Hosting Blog

Cara Memindahkan Hosting Blog. Bagi yang menggunakan wordpress atau CMS lain tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya domain dan hosting. Tidak diragukan lagi jika keduannya memang memiliki pengaruh yang sangat kuat baik dari segi SEO maupun kualitas blog itu sendiri. Blog dengan self hosting sendiri tentunya lebih dianggap professional ketika mereka menampilkan jasa-jasa  yang mereka miliki. Namun bukan berarti blogger yang menggunakan hosting gratisan blogcepot seperti saya ini tidak ada yang sukses. Banyak di luar sana blogger yang menggunakan blogcepot namun menghasilkan penghasilan yang luar biasa banyaknya.

Oke kembali lagi ke laptop eh salah, maksud saya kembali lagi ke topik yang akan kita bahas pada postingan kali ini. Jika sebelumnya saya telah mejelaskan tentang bagaimana kita melakukan domain mapping, kali ini saya akan membahas mengenai bagaimana caranya kita memindahkan domain beserta isi-isinya ke hosting lain. Biasanya hal ini dilakukan blogger karena kurang puas dengan penyedia hosting yang sebelumnya. Memang beda hosting beda juga performa yang dihasilkan. Mungkin anda bisa melihat tips memilih hosting terlebih dahulu ketika anda memilih untuk membeli sebuah hosting.

Selain itu menanggapi trend blogger terbaru adalah mentransfer domain dan content di dalamnya lantaran telah di jual dengan orang lain. Di jual? Ya, saat ini penjualan blog merupakan hal lumrah karena blog dianggap sebagai provit yang cukup baik. Namun saya pribadi sih lebih memilih blogcepot sebagai penyedia saya. Karena pertimbangan biaya walaupun memang saya juga memiliki blog yang menggunakan CMS wordpress di inoputro.com.

Untuk mentransfer domain dan hosting kita hanya perlu memindahkan 2 bagian saja yakni file sql. DB atau data base dan wp content.

Langkah pertama kita akan mendownload wp-content

1.    Login ke cpanel anda dan masuk ke bagian file manager

2.    Disana anda akan melihat folder wp-content, klik kiri dan compress folder tersebut menjadi file zip



3.    Selanjutnya download file zip tersebut.

Langkah kedua kita akan mendownload file sql anda

1.    Masuk ke bagian backup

2.    Silahkan pilih data base yang domain anda gunakan (jika tidak tahu buka di bagian wp-config.php, tempatnya di bawah wp-content yang kita kerjakan tadi)



3.    Klik data base yang akan di pindahkan dan otomatis file akan terdownload

Sampai di sini kita telah selesai berurusan dengan hosting awal anda dan selanjutnya kita akan lanjut ke hosting anda yang baru.

Sebelum itu silahkan ganti name server domain anda dengan name server yang baru. Jika kesulitan silahkan minta penyedia domain anda untuk melakukannya. Untuk name server silahkan tanya kepada penyedia hosting anda yang baru karena tentunya beda hosting beda pula NS-nya.

Lanjut langkah selanjutnya adalah instalkan wordpress yang akan anda gunakan. Untuk mempermudah anda bisa menggunakan fantastico atau softaculous Stelah anda mempertimbangkan mau menggunakan fantastico atau softaculous.

Setelah terinstal maka anda harus menghapus wp-content yang ada dan diganti dengan wp-content yang anda download pada hosting pertama. Setelah proses uplod selesai ekstaklah file zip wp-content tersebut hingga kembali menjadi bentuk folder.

Langkah selanjutnya adalah mengganti file sql

1.    Masuklah ke bagian phpmyadmin

2.    Pilih DB yang blog baru anda gunakan dan klik (lihat pada bagian kiri)

3.    Setelah anda mengkliknya maka akan muncul sub bagian dari data base anda.

4.    Pilih semua sub bagian dan hapuslah. Konfirmasi “yes” pada pesan yang muncul



5.    Selanjutnya klik import dan cari file sql yang anda download dari hosting pertama.

6.    Selesai

Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan pada kotak komentar.
Selamat mencoba.


nb:
* Jika gambar tidak jelas klik gambar untuk memperbesar.

12 komentar:

  1. Informasi ini sangat membantu, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali bahwa informasi memang benar2 sangat membantu kita :D

      Hapus
  2. terima kasih
    selamat berkarya kawan :)

    BalasHapus
  3. makasi mas bro saya sudah mencoba dan hasilnya berhasil

    sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip... terima kasih telah berkunjung

      Hapus
  4. mas kalau untuk hosting gratis yang .com ada ga?? kalau ada minta yahh
    kunjungi juga saya oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya hosting gratis dot com gimna masbro?
      hosting atau domain?

      Hapus
  5. terima kasih, penjabarannya sangat mudah dimengerti

    BalasHapus
  6. manteb mas ,, thanks ya atas infonya . Yang mau saya tanyakan nih ya ,, saya kan punya hosting berbayar , tapi saya mau pindaahkan domain saya itu ke hosting blogger karna hosting berbayar saya kadang kadang lambat diakses n kadang kadang juga g bisa diakses .
    jadi yang mau saya tanyakan adalah apakah ada turitorianya yang mas bisa posting , n kalau ada saya tunggu yah mas .... please banget nih

    BalasHapus
  7. Wao thats pretty informative thanks :)
    http://agamesarena.blogspot.com

    BalasHapus
  8. terima kasih kang tutorial nya... nice...

    BalasHapus
  9. Saya masih bingun soal hosting, maklum saya masih baru di dunia blogging, tapi setelah membaca diatas sedikit ada bayangan sihh...makasihya infonya

    BalasHapus

blogger