Cara Membuat (Pasang) Widget di Blogger

Cara membuat (pasang) widget di blogger. Edisi belajar blog kali ini, akan menjelaskan tentan cara membuat widget atau lebih tepatnya cara memasang widget di blogger. Jika kamu belum tau tentang widget di blogger, silahkan baca terlebih dahulu tulisan saya tentang apa itu widget.

Baik!. Tanpa panjang lebar, langsung saja kita belajar memasang widget di blogger.

Cara Memasang Widget di Blogger.

  1. Login  di Blogger
  2. Pada halaman dashboard blogger, klik rancangan.

    cara membuat widget
  3. Saat ini anda berada di menu elemen halaman. Untuk memasang widget, klik saja tulisan tambah gadget.

    cara pasang widget

    Catatan: Seperti yang anda lihat pada gambar diatas, biasanya ada beberapa tulisan tambah gadget. Supaya tidak membingungkan anda, klik saja salah satu tulisan tambah gadget, sesuai dengan tempat dimana anda akan meletakan widget yang anda buat.
  4. Selanjutnya, akan muncul sebuah halaman baru untuk memilih widget yang akan anda pasang. Supaya tidak bingung, disini saya akan kasih contoh memasang widgte Entri Populer. Dimana widget ini akan menampilkan artikel – artikel terpopuler dari blog anda. Caranya klik tanda (+) di samping tulisan Entri Populer (lihat gambar di bawah).

    pasang-widget-di-blog
  5. Kemudian akan muncul halaman baru. Nah…halaman ini merupakan halaman pengaturan dari widget yang akan di tampilkan. Silahkan masukan judul widget pada kolom judul, dan lakukan pengaturan sesuai dengan instruksi yang ada di halaman tersebut.

    pasang-widget
  6. Kalo sudah selesai mengisi judul dan melakukan pengaturan, klik saja simpan untuk menyimpannya ke dalam blog.

    cara-pasang-widget
  7. Selesai.

Nah…untuk melihat hasilnya, silahkan lihat blog anda.

Untuk mengatur posisi widget, pada menu elemen halaman, drag saja widgetnya ke area yang anda inginkan (bisa ke atas, bawah, pindah ke header atau footer).

OK!. Panduan cara memasang widget di blog saya cukupkan dulu sekian. Mudah – mudahan bermanfaat dan bisa di praktekan dengan baik.

Salam….


0 Komentar di Cara Membuat (Pasang) Widget di Blogger:

Posting Komentar

blogger