Apa itu Widget?

Apa itu widget? Seringkali kita mendengar istilah widget khususnya ketika kita baru membuat blog. Bagi orang awam, hal ini (widget) tentu mungkin sedikit membingungkan. Dari sebutannya saja memang terdengar sangat asing. Tapi jangan salah, widget merupakan salah satu elemen paling penting yang ada pada suatu web atau blog. Mau tau apa itu widget?. Yuk kita pelajari sama – sama.

Menurut pengertian saya pribadi (tidak resmi), widget merupakan suatu elemen yang berisi kode – kode web programming (HTML, Javascript, dll) dan terdapat pada suatu halaman web. Nah ini, pengertian widget versi saya pribadi lo, jadi tidak resmi.

Sekarang saya ambil pengertian widget dari wikipedia :

In computing a web widget is a software widget for the web. It's a small application that can be installed and executed within a web page by an end user. They are derived from the idea of code reuse. Other terms used to describe web widgets include:[citation needed] portlet, gadget, badge, module, webjit, capsule, snippet, mini and flake. Widgets are typically created in DHTML, JavaScript, or Adobe Flash.

Secara garis besar, pengertian widget menurut wikipedia tersebut diatas dalam bahasa Indonesia adalah suatu aplikasi kecil yang dapat di gunakan dan di eksekusi pada suatu halaman web dan ditulis dalam DHTML, Javascript, atau Adobe Flash.

Istilah atau sebutan lain untuk widget : portlet, gadget, badge, webjit, capsule, snippet, dll.

Kalo ga salah, banyak yang bilang kalo widget itu bersifat server side. Maksudnya di jalankan oleh server lain tetapi bisa digunakan pada beberapa halaman web. Terlepas daripada itu semua, pada intinya widget merupakan suatu elemen penting yang perlu dimiliki oleh suatu halaman web / blog.

So…apa itu widget? anda sudah tau sendiri jawabannya…..Semoga bermanfaat.


0 Komentar di Apa itu Widget?:

Posting Komentar

blogger