Cara Mengganti Domain Wordpress Self Hosting

Cara Mengganti Domain Wordpress Self Hosting. Kali ini kursus blog akan berbagi tutorial bagaimana cara kita untuk mengganti domain yang telah kita tanamkan pada hosting kita. Jika blog yang kita kelola masih terhitung baru mungkin tidak akan menjadi masalah. Namun yang jadi masalah ketika kita memiliki blog yang telah berjalan dengan waktu lama dan telah memiliki konten yang cukup banyak akan berpotensi untuk kehilangan sebagian atau seluruh dari konten tersebut.

Biasanya kasus seperti ini terjadi pada blogger yang menggunakan domain dari penyedia gratisan seperti dot.tk, co.cc dan yang lainnya. Karena memang domain gratis seperti ini rentan digunakan mengingat hal yang gratis pasti (di baca insyaAllah) akan ada umurnya. Seperti kasus yang terjadi pada domain co.cc yang deindex oleh google karena dianggap telah banyak menyebarkan malware, namun sekarang telah kembali di index oleh google.

Namun hal tersebut dapat kita tangani dengan mudah. Hampir sama seperti tekhnik kita untuk memindahkan hosting yang pernah saya tulis pada cara memindahkan hosting.

kita mulai dengan langkah pertama yakni silahkan rogoh kocek anda untuk membeli domain baru :)

Langkah selanjutnya lakukan setting NS atau name server pada domain anda menggunakan NS yang dikeluarkan oleh hosting anda. Jika kesulitan bisa melihat pada who.is domain anda yang dulu atau lebih mudah lagi silahkan bertanya pada penyedia hosting anda.

Dan kemudian mari bereksperimen di capnel hosting anda.

1.    Lakukan addon domain pada cpanel hosting anda. Jika kurang mengerti lakukan addon domain seperti pada artikel cara membuat mapping blog.

2.    Selanjutnya masuk ke bagian backup untuk membackup file sql. Data base domain anda yang pertama. Jika kurang jelas lihat di artikel cara memindahkan hosting.

3.    Buka file sql. DB yang telah anda download di komputer anda dengan menggunakan notepad.

4.    Ubah seluruh domain lama dengan menggunakan domain baru.

Untuk mempermudah gunakan fitur replace pada menu edit. Masukan domain lama anda pada find what dan domain baru anda pada replace with. Simpan.


5.    Update data base anda pada phpmyadmin lakukan sama seperti pada artikel cara memindahkan hosting dengan file sql yang tadi telah kita edit.

6.    Simpan dan selesai.

Selamat mencoba.

7 komentar:

  1. saya nggsak make wordpress tapi sob hehe

    BalasHapus
  2. nice info gan :D dulu q pernah pake wp, cuman gara2 hostingnya bangkrut semua dataq tak terselamatkan :'( *nangis dipojok kamar*

    BalasHapus
  3. klo saya pke blog nih....jd nggax bisa yachhh???!!

    BalasHapus
  4. makasih banyak yach atas infonya....
    semoga bermanfaat juga bwt yang lainnya....

    BalasHapus
  5. Gan.. klo mo buat blog di WP n dah ada selfdomain, apa tetep waktu register buat blog tetep pake subdomain dulu baru di pindah.. atau bisa langsung..

    BalasHapus
  6. saya baru tahu caranya
    terima kasih banyak

    BalasHapus

blogger