Pilih Softaculous atau Fantastico

Pilih Softaculous atau Fantastico. Bagi anda yang senang menggunakan CMS untuk blog ataupun website anda, tentunya anda tidak asing lagi dengan kedua nama ini, fantastico dan softaculous. Ya, keduanya merupakan penyedia jasa instal script otomatis pada beberapa hosting yang mengaplikasikan ke dalamnya, biasanya pada cpanel. Namun ternyata keduannya memiliki kinerja yang berbeda dalam melayani konsumennya. Sangat penting ketika anda memutuskan untuk menggunakan softaculous atau fantastico. Karena ketika anda menginstalkannya maka anda tidak akan bisa berpindah kecuali anda menggunakan tekhnik seperti memindahkan hosting domain yang telah saya tulis.

Secara pribadi saya menganggap keduannya memiliki keunggulan masing-masing. Dan dari beberapa keunggulan tersebut mungkin dapat kita pilah pilih sesuai dengan kebutuhan kita.

Keunggulan softaculous:

Lebih lengkap, softaculous memiliki variasi pilihan script yang lebih lengkap untuk di instalkan di hosting anda (interest: low)

Instalasi lebih cepat, jika dibandingkan dengan fantastico, softaculous hanya membutuhkan 2 langkah wizard dan fantastico memerlukan 3 langkah wizard. (interest: low)

Script lebih up to date jika dibandingkan dengan fantastico. (interest: medium)


Keunggulan Fantastico:

Lebih dulu dikenal dari pada softaculous (interest: low)

Menggunakan kapasitas hosting yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan softaculous. Karena berdasarkan pengalaman fantastico hanya memerlukan kurang dari 20MB untuk menginstal script wordpress sedangkan softaculous memerlukan lebih dari 30MB. (interest: expert)


Setelah sedikit menjabarkan tentang keunggulan softaculous dan fantastico di atas kesimpulan yang saya ambil adalah anda dapat memilih menggunakan fantastico jika kapasitas hosting anda terbatas. namun jika anda memerlukan scrip yang lebih banyak dan sering melakukan update mungkin softaculous akan menjadi pilihan anda. Namun pendapat saya pribadi lebih memilih menggunakan fantastico karena petimbangan penggunaan kapasitas hosting yang terbatas.


5 komentar:

  1. ane baru faham nihh....
    thk's udah di share mengenai info cms untuk blog....

    BalasHapus
  2. keren juga nih infonya....
    semoga bermanfaat juga bwt yang lainnya....

    BalasHapus
  3. oh jadi itu yach keunggulan dari cms softaculous.....

    BalasHapus
  4. softaculous masih menjadi pilihan saya saat ini bro

    BalasHapus
  5. karena cpanel hostingan saya memakai fantastico jadi saya lebih terbiasa dengan fantastico

    BalasHapus

blogger